Peran Pelatihan Bahasa Inggris Dalam Meningkatkan Kinerja Dan Produktifitas Karyawan
DOI:
https://doi.org/10.37888/bjrm.v8i2.811Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran pelatihan Bahasa Inggris dalam meningkatkan kinerja dan produktivitas karyawan. Latar belakang penelitian ini adalah meningkatnya tuntutan globalisasi yang menuntut karyawan memiliki kemampuan komunikasi internasional untuk mendukung kelancaran proses bisnis. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan eksplanatori. Sampel penelitian berjumlah 150 karyawan yang telah mengikuti pelatihan Bahasa Inggris, dipilih menggunakan teknik proportional random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan perangkat lunak SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan Bahasa Inggris berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, serta berdampak langsung dan tidak langsung terhadap produktivitas melalui variabel kinerja. Koefisien determinasi (R²) menunjukkan bahwa pelatihan bahasa Inggris memberikan kontribusi sebesar 31,3% terhadap kinerja, sedangkan pengaruh gabungan pelatihan dan kinerja terhadap produktivitas mencapai 58,9%. Hal ini mengindikasikan bahwa peningkatan kompetensi bahasa Inggris karyawan dapat meningkatkan kualitas kerja, efisiensi, dan pencapaian target organisasi. Penelitian ini merekomendasikan agar perusahaan menjadikan pelatihan Bahasa Inggris sebagai program pengembangan kompetensi berkelanjutan untuk mendukung daya saing global. Implikasi praktis penelitian ini adalah perlunya perusahaan mengintegrasikan pelatihan bahasa dalam strategi pengembangan sumber daya manusia untuk menciptakan karyawan yang adaptif, produktif, dan siap menghadapi tantangan global.
Referensi
Abrar, M., & Rahman, F. (2023). The Impact of English Language Proficiency on Intercultural Communication Effectiveness and Job Satisfaction in Multinational Corporations. Journal of Global Business Communication, 18(1), 45-62.
Asih, T. A. S., Aryani, R., & Rista, N. (2024). Pengaruh Pelatihan Bahasa Inggris terhadap Kinerja Karyawan Daily Worker di Hotel Fairmont Jakarta. ResearchGate.
Candra, B., & Khoiriyah, K. (2024). Cultivating English proficiency for enhanced customer service in Indonesian railways. ResearchGate
Chen, L., & Wang, Y. (2023). Bridging the Communication Gap: The Role of English Proficiency in Cross-Cultural Collaboration in Tech Companies. International Journal of Communication Management, 27(1), 55-70.
EconomicsRS. (2024). The Role of Training and Rewards on Employee Productivity with Job Satisfaction as Mediator.
EconomicsRS. (2024). The Role of Training and Rewards on Employee Productivity with Job Satisfaction as Mediator. economicsrs.com.
Hasan, S. N., & Amin, M. (2022). Employee Perceptions of English Language Training Benefits on Career Advancement and Organizational Productivity. Journal of Workplace Learning, 34(7), 540-556.
Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2019). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) (2nd ed.). SAGE Publications.
Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial Least Squares: Konsep, Teknik dan Aplikasi menggunakan SmartPLS 3.0. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.
Jurnalita, A. C., Nisa, N. F., & Darmastuti, I. (2024). The Role of Employee Training and Development in Supporting Sustainable Economic Growth in Indonesia. Journal LifeSciFi.
Kim, J., & Lee, H. (2020). English Language Competency, Customer Satisfaction, and Problem-Solving Skills in the Tourism Industry. Journal of Hospitality & Tourism Research, 44(5), 789-805.
LinovHR. (2023). Pentingnya Pelatihan Bahasa Inggris untuk Karyawan. linovhr.com.
Mohammad, M. S. (2023). The Impact of English Language Skills on Employee Performance. ResearchGate
Nguyen, T. H., & Pham, T. L. (2020). Assessing the Impact of Business English Communication Skills on Employee Performance in Vietnamese SMEs. Journal of Small Business Management, 58(6), 1122-1140.
Putra, S. B., & Wijaya, K. (2022). Enhancing Employee Confidence in Business Presentations Through English Language Training Programs. International Journal of Human Resources Development and Management, 22(3), 201-218.
Rahman, A., & Dewi, R. S. (2021). Task-Based Language Teaching (TBLT) for Improving Negotiation Skills of Employees in Global Contexts. Asian EFL Journal, 25(4), 112-130.
Setyawan, B., Nugroho, D., & Pratiwi, N. (2024). The Strategic Value of Corporate Language Training Investment: A Financial Performance Perspective. Journal of Business Economics and Management, 25(2), 180-195.
Tan, P. L., & Lim, S. W. (2021). The Effectiveness of Online English Language Training Modules for Remote Workforces. Educational Technology & Society, 24(3), 123-138.
Wijayanto, A., & Sari, D. P. (2023). Language Training and Knowledge Transfer: Examining the Role of English Proficiency in Accessing Global Information Resources. Journal of Knowledge Management, 27(5), 1100-1115.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Ayzhary Nuhril Muthmainnah

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.