Pengaruh Beban Kerja Dosen Terhadap Kinerja Dosen Di Mediasi Oleh Organizational Citizenship Behavior (OCB)
DOI:
https://doi.org/10.37888/bjrm.v9i1.871Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh beban kerja terhadap kinerja dosen dengan Organizational Citizenship Behavior (OCB) sebagai variabel mediasi. Beban kerja yang tinggi sering kali dianggap sebagai faktor yang menurunkan kinerja, namun penelitian ini berupaya menguji apakah perilaku kewargaan organisasi mampu memperkuat hubungan tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Negeri Makassar dengan jumlah sampel sebanyak 105 dosen yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan pendekatan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa beban kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja dosen (p = 0,000), namun tidak berpengaruh signifikan terhadap OCB (p = 0,231). Sementara itu, OCB memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja dosen (p = 0,000). Analisis efek mediasi menunjukkan bahwa OCB mampu memediasi secara signifikan pengaruh beban kerja terhadap kinerja (p = 0,000). Temuan ini mengindikasikan bahwa meskipun beban kerja yang tinggi dapat menurunkan kinerja, perilaku OCB mampu memperkuat dan menyeimbangkan dampak tersebut. Implikasi penelitian ini menegaskan pentingnya pengembangan budaya organisasi yang mendukung perilaku kewargaan di kalangan dosen guna meningkatkan kinerja akademik secara berkelanjutan.
References
Ahmad, M., & Qureshi, M. I. (2022). Workload and job performance: Exploring the mediating role of job stress and organizational support. Journal of Organizational Behavior Studies, 15(2), 87–104. https://doi.org/10.1108/JOBS-2022-0021
Anwar, S., & Nisa, R. (2023). Workload, job satisfaction, and performance among lecturers: The moderating role of organizational culture. International Journal of Educational Management, 37(4), 621–635. https://doi.org/10.1108/IJEM-2023-0045
Ariani, D. W. (2020). The relationship between organizational citizenship behavior and work performance: The mediating role of motivation. Cogent Business & Management, 7(1), 1766730. https://doi.org/10.1080/23311975.2020.1766730
Bakker, A. B., & Demerouti, E. (2017). Job Demands–Resources theory: Taking stock and looking forward. Journal of Occupational Health Psychology, 22(3), 273–285. https://doi.org/10.1037/ocp0000056
Blau, P. M. (1964). Exchange and power in social life. New York: Wiley.
Cahyani, N., & Prabowo, R. (2022). Pengaruh beban kerja dan kepuasan kerja terhadap kinerja dosen di perguruan tinggi swasta. Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis, 13(1), 45–57. https://doi.org/10.21009/jimb.131.05
Darvishmotevali, M., & Ali, F. (2020). Job insecurity, subjective well-being and job performance: The role of job dependence and OCB. International Journal of Hospitality Management, 87, 102462. https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2020.102462
Dewi, S. K., & Santosa, D. (2023). Pengaruh beban kerja terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) dan implikasinya terhadap kinerja karyawan. Jurnal Manajemen dan Organisasi, 14(2), 89–101. https://doi.org/10.24853/jmo.14.2.89-101
Farid, T., Iqbal, S., Ma, J., Castro-González, S., & Khattak, A. (2020). The influence of organizational citizenship behavior on organizational performance: The mediating role of job satisfaction and trust. Frontiers in Psychology, 11, 567. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.00567
Fitriana, M., & Rahardjo, S. (2021). Analisis pengaruh beban kerja dan stres kerja terhadap kinerja dosen dengan OCB sebagai variabel mediasi. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Terapan, 9(2), 151–163. https://doi.org/10.20885/jebt.vol9.iss2.art5
Organ, D. W., Podsakoff, P. M., & MacKenzie, S. B. (2006). Organizational citizenship behavior: Its nature, antecedents, and consequences. Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
Podsakoff, N. P., Whiting, S. W., Podsakoff, P. M., & Blume, B. D. (2009). Individual- and organizational-level consequences of organizational citizenship behaviors: A meta-analysis. Journal of Applied Psychology, 94(1), 122–141. https://doi.org/10.1037/a0013079
Putri, E. R., & Susanto, H. (2024). The effect of workload and work engagement on lecturer performance through OCB as a mediator. Asian Journal of Research in Education and Social Sciences, 9(1), 12–28. https://doi.org/10.47556/ajress.2024.9101
Rivai, V., & Sagala, E. J. (2020). Manajemen sumber daya manusia untuk perusahaan: Dari teori ke praktik. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Setiawan, A., & Lestari, P. (2021). Workload and lecturer performance: The mediating effect of organizational commitment and OCB. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 9(2), 144–159. https://doi.org/10.21831/jamp.v9i2.41145
Siregar, M., & Nurlina, N. (2022). Workload, stress, and OCB: Their influence on lecturer performance at Indonesian universities. International Journal of Business and Society, 23(3), 1674–1690. https://doi.org/10.33736/ijbs.4948.2022
Supriyadi, R., & Marwan, H. (2023). Pengaruh OCB terhadap kinerja dosen di perguruan tinggi negeri: Studi empiris pada dosen LPTK. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8(2), 201–215. https://doi.org/10.24832/jpk.v8i2.223
Wibowo, A. (2021). Manajemen kinerja. Jakarta: Rajawali Pers.
Zahra, S., & Wahyudi, T. (2023). Workload, burnout, and citizenship behavior: The mediating effect of psychological empowerment. Journal of Applied Management Research, 8(1), 55–67. https://doi.org/10.52967/jamr.v8i1.675
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ma'ruf Idris, Yasser Abdul Djawad, Mantasia, Nur Athiyyah Fadhilah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





