Implementasi Strategi Pemasaran untuk Mendorong Keputusan Pembelian Mobil Bekas: Tinjauan Kualitas Produk dan Promosi
DOI:
https://doi.org/10.37888/bjrm.v9i1.874Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji Pengaruh Kualitas Produk, E-wom, dan Strategi promosi terhadap Keputusan Pembelian mobil bekas di showroom nailaka. Jenis penelitian ini adalah Kuantitatif dan sumber data ini menggunakan data Primer. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat kota ambon yang sudah Pernah berkunjung Ke Showroom nailaka. Dan Jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu 75 responden. Metode pengambilan Sampel yang digunakan adalah non-Probability sampling. Metode analisis data menggunakan Sofware spss versi 20.0. Hasil penelitian ini menunjukan adanya pengaruh positif dari variabel kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen, yang dibuktikan dengan nilai t hitung sebesar 0,459 < t tabel sebesar 1,994. Hal ini mengindikasikan bahwa kualitas produk tidak menjamin dalam keputusan pembelian konsumen.Hasil uji t menunjukkan adanya pengaruh positif dari variabel e-wom terhadap keputusan pembelian konsumen, yang dibuktikan dengan nilai t hitung sebesar 4,326 > t tabel sebesar 1,994. Hal ini mengindikasikan bahwa semakin baik e-wom, maka semakin tinggi keputusan pembelian konsumen. Hasil uji t menunjukkan adanya pengaruh positif dari variabel strategi pemasaran terhadap keputusan pembelian konsumen, yang dibuktikan dengan nilai t hitung sebesar 4,184 > t tabel sebesar 1,994.
References
AHPK Putra, S Mariam, M Tafsir, N Rosanti (2024). Deciphering the green marketing puzzle: understanding the interplay of green marketing strategic orientation, attitude towards green marketing, brand integrity, and purchase intention. International Review of Management and Marketing. Vol 24 (4).
Akerlof, G. A. (1970). The Market for "Lemons": Quality Uncertainty and the Market Mechanism. The Quarterly Journal of Economics, 84(3), 488–500.
Azizah, N. (2020). Pengaruh Strategi Promosi terhadap Keputusan Pembelian Produk pada PT Sinar Abadi Makmur. Jurnal Manajemen Pemasaran, 8(2), 112–120.
Andrian, F. (2023). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Toko Online Shopee. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 10(1), 45–54.
Darmawan, G. A. (2023). Persepsi Produk Dan Sikap Konsumen Serta Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian Produk . BJRM (Bongaya Journal For Research in Management), 6(2), 35–44. Retrieved from https://ojs.stiem-bongaya.ac.id/BJRM/article/view/493
Diko, R. (2022). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Dealer Mobil Bekas di Makassar. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 9(3), 78–87.
Gea, M. (2021). Pengaruh Strategi Promosi terhadap Keputusan Pembelian Produk Otomotif di Kota Medan. Jurnal Pemasaran Modern, 5(1), 33–42.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2021). Principles of Marketing (18th ed.). Pearson Education.
Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2021). Marketing 5.0: Technology for Humanity. John Wiley & Sons.
Lestiani, E. (2020). Pengaruh Persepsi Dan Pengetahuan Konsumen Terhadap Ecolabelling Pada Keputusan Pembelian Green Product. BJRM (Bongaya Journal For Research in Management), 3(2), 07–13. https://doi.org/10.37888/bjrm.v3i2.243
Marpuah, R., & Hutauruk, J. (2023). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Produk Fashion Online Shop. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 12(2), 56–64.
Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2010). Consumer Behavior (10th ed.). Pearson Education
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tafsir. M, RM Lamato (2025). A Meta-Analysis Study in Explaining the Role of Segmentation, Targeting, and Positioning Strategy on Culinary SMEs in Luwuk Banggai. Entrepreneurship, Management, and Business Research Journal (EMBUN) Vol 2 (1).
Tjiptono, F. (2019). Strategi Pemasaran (4th ed.). Yogyakarta: Andi Offset.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Erlinda Tehuayo, Merry M.Pelupessy, Fachri Kampono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





