PENGARUH STRUKTUR PASAR DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP PROFITABILITAS PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA
Keywords:
Struktur Pasar, Corporate Social Responsibility, ProfitabilitasAbstract
Chaerunnisa, Ahmad Anshary, Nurul Adri, Dewi Anggraeni. Pengaruh struktur pasar
dan Corporate Social Responsibility terhadap profitabilitas perbankan yang terdaftar di Bursa
Efek Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah struktur pasar dan corporate dan
Social Responsibility berpengaruh terhadap profitabilitas perbankan yang terdaftar di Bursa
Efek Indonesia. Pengumpulan data menggunakan teknik puposive sampling. Populasinya
dalam penelitian ini adalah laporan keuangan selama tiga tahun (2015-2017), sedangkan
jumlah sampel yang diambil sebanyak 10 bank. Hasil laporan keuangan tersebut telah di uji
asumsi klasik berupa asumsi normalitas dan asumsi heterokedastisitasnya. Metode analisis
data menggunakan teknik analisis linear berganda berupa uji t dengan menggunakan program
SPSS Versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur pasar berpengaruh tidak signifikan
terhadap profitabilitas dan Corporate Social Responsibility juga tidak berpengaruh dan
signifikan terhadap Profitabilitas perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Dengan
demikian hipotesis yang di ajukan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis yang
pertama dan hipotesis kedua sama sama ditolak