Efektivitas Kinerja Pegawai dalam Pelayanan Masyarakat untuk Pembuatan E–KTP pada Kantor Kecamatan Bontoa Kabupaten Maros
Keywords:
Efektivitas, Efektivitas Kerja, Kinerja Pegawai, Kualitas PelayananAbstract
Dalam rangka meningkatkan kinerja dari pegawainya di Kecamatan Bontoa perlu memberi perhatian pada kepentingan pegawai yang memiliki berbagai macam kebutuhan. Keinginan untuk memenuhi berbagai kebutuhan inilah yang dipandang sebagai pendorong atau penggerak bagi seseorang untuk melakukan sesuatu, termasuk melakukan pekerjaan atau bekerja. Seorang pegawai yang profesional tidak dapat melepaskan diri dari kenyataan bahwa mereka adalah individu yang juga mempunyai kebutuhan, keinginan, dan harapan dari tempatnya bekerja.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode analisis yang digunakan adalah regeresi sederhana
Dari hasil penelitian ini, diperoleh model persamaan regresi yang menyatakan perubahan pengaruh variabel x terhadap y adalah Y = 1,61 + 0,70x dari nilai regresi tersebut dapat dijabarkan bahwa, peningkatan pada variabel y sebesar nilai konstanta. terlihat jelas bahwa dari seluruh hasil perhitungan dengan menggunakan rumus regresi semuanya menunjukkan hasil yang positif. Hal itu memberikan indikasi bahwa kinerja pegawai benar-benar efektif secara signifikan dan positif terhadap pelayanan e-ktp pada kantor kecamatan bontoa, kabupaten maros.
Hasil perhitungan uji koefisien korelasi (r) diperoleh nilai r sebesar 0,36, menjelaskan bahwa, jika internval koefisien korelasi berada pada 0,20 - 0,39 hal itu memberikan indikasi bahwa antara variabel efektivitas kinerja pegawai x dengan pelayanan y terdapat hubungan yang lemah dan positif.
Sedangkan hasil perhitungan thitung menunjukkan bahwa antara variabel x dengan variabel y cukup efektif dan hipotesis yang menyatakan bahwa kinerja pegawai efektif secara signifikan terhadap pelayanan e-ktp dinyatakan ditolak karena thitung 1,929 < lebih kecil dari pada ttabel 2,056.