Pengaruh Pendidikan, Pengalaman Kerja dan Prestasi Kerja Pegawai Terhadap Promosi Jabatan Pada Kantor Pelayanan Paja Pratama (KPPP) Makassar Barat

Authors

  • Didit Fachri Rifai

Keywords:

Pendidikan, Pengalaman Kerja dan Prestasi Kerja

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) menganalisis pengaruh pendidikan, pengalaman kerja dan prestasi kerja pegawai terhadap promosi jabatan pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama (KPPP) Makassar Barat, (2) menganalisis manakah yang berpengaruh dominan terhadap promosi jabatan pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama (KPPP) Makassar Barat. Penelitian ini bersifat deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh pegawai pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama (KPPP) Makassar Barat. Sampel yang diambil sebanyak 73 orang dengan menggunakan metode sensus. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan dokumentasi. Data dianalisis dengan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel pengalaman kerja, prestasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap promosi jabatan pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama (KPPP) Makassar Barat. Sedangkan variabel pendidikan berpengaruh tidak signifikan terhadap promosi jabatan pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama (KPPP) Makassar Barat. Dari kedua variabel bebas yang berpengaruh signifikan, ternyata variabel prestasi kerja mempunyai pengaruh dominan terhadap promosi jabatan pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama (KPPP) Makassar Barat. Hal ini berarti, pegawai yang memiliki prestasi kerja serta ditunjang pengalaman kerja masih menjadi proritas dalam mendapatkan promosi jabatan. Sementara pegawai yang memiliki tingkat pendidikan yang berkelanjutan masih belum cukup untuk memenuhi syarat dalam penetapan promosi jabatan.

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Rifai, D. F. (2021). Pengaruh Pendidikan, Pengalaman Kerja dan Prestasi Kerja Pegawai Terhadap Promosi Jabatan Pada Kantor Pelayanan Paja Pratama (KPPP) Makassar Barat. Jurnal Ilmiah Bongaya, 5(2), 24–30. Retrieved from https://ojs.stiem-bongaya.ac.id/JIB/article/view/315