Pengendalian Inflasi, Moneter dan Fiskal dalam Perspektif Ekonomi Makro Islam

Authors

  • Akbar Said STIE Wira Bhakti Makassar
  • Awaluddin Awaluddin

Abstract

Perkembangan ekonomi suatu negara, termasuk pula di Indonesia tentu tidak terlepas dari kebijakan moneter dan fiskal yang ditempuh oleh setiap negara yang bersangkutan. Tetapi kebijakan moneter dan fiskal yang ditempuh berbeda-beda oleh setiap negara bergantung kepada kondisi ekonomi riil, arah, dan tujuan pembangunan yang hendak dicapai. Penge- lolaan kebijakan moneter dan fiskal pada prinsipnya bertujuan untuk menjaga tingkat inflasi dengan cara mengatur peredaran uang dan suku bunga yang cenderung semakin bertambah di masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemerintah mengendalikan inflasi, moneter, dan fiskal, serta dampaknya terhadap perekonomian dalam perspektif ekonomi makro Islam. Metode yang dipergunakan menggunakan metode library research serta data yang dipergunakan yaitu data sekunder yang sesuai dengan sejumlah literatur yang relevan. Sebagai upaya untuk mengatasi inflasi, kebijakan moneter dan fiskal, pemerintah perlu melakukan kebijakan ekonomi makro dalam kaitannya dengan penca- paian target inflasi dan pertumbuhan ekonomi. Dengan demikian setiap negara perlu menjaga stabilitas ekonomi sesuai dengan tantangan yang dihadapinya.

References

Asturi. Wulan, (2013). Pengaruh Instrumen Moneter Syariah dan Ekspor Terhadap Pertum- buhan Ekonomi di Indonesia, Jurnal Al-Iqtishad, Vol. V, No. 2 Edisi Juli 2013.
Bank Indonesia, Tujuan Kebijakan Moneter, artikel dalam https://www.bi.go.id/id/moneter/ tujuan-kebijakan/ Contents/Default.aspx
Bank Indonesia, Statistik Perbankan Syariah, artikel dalam https://www.ojk.go.id/id/kanal/ syariah/data-dan-statistik/statistik-perbankan-syariah
Budiyanti, Eka. (2014). Pengaruh Kebijakan Moneter Terhadap Kinerja Sektor Industri Manufaktur di Indonesia, Jurnal Ekonomi dan Kebijakan Publik, Vol. 5 No. 2, Edisi Desember 2014.
Janwari. Yadi, (2016). Pemikiran Ekonomi Islam; Dari Masa Rasulullah Hingga Masa Kontemporer, Bandung: Rosda Karya.
Karim, Adiwarman. (2002). Ekonomi Islam Suatu Kajian Ekonomi Makro, Jakarta. The International Institute of Islamic Thought Indonesia.


-------, (2004). Sejarah Pemikiran Islam, Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.
-------, (2017). Ekonomi Makro Islami. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.
Mankiw. Gregory, (2003). Pengantar Ekonomi, Terjemahan oleh Fitria Liza & Imam Nurmawan, Ed.2, Jilid 1, Jakarta: PT. Erlangga.
Mishkin. Frederic S., (2008). Ekonomi, Uang, Perbankan dan Pasar Keuangan, Edisi 8 buku 2, Jakarta. Salemba Empat.
Rukmana, Amir Mahmud. (2009) Bank Syariah: Teori, Kebijakan, dan Studi Empiris di Indo- nesia, Jakarta. Erlangga.
Rusydiana. Aam Slamet, (2009). Mekanisme Transmisi Syariah pada Sistem Moneter Ganda di Indonesia, Buletin Ekonomi Moneter dan Perbankan, April 2009.
Saragih. Juli Panglima, (2016). Bauran Kebijakan Moneter-Fiskal Terhadap Pencapaian Target Inflasi dan Pertumbuhan Ekonomi, Jurnal Kajian Ekonomi, Vol. 20 No. 2, Edisi Juni 2016.
Saridawati, (2015). Analisis Peran Kebijakan Moneter BI Rate Terhadap Nilai Tukar US $ dan Inflasi, Moneter, Jurnal Keuangan, Akuntansi, Manajemen dan Perbankan, Vol. 2 No. 2, Edisi April 2015.
Sukirno. Sadono, (2015) Makro Ekonomi: Teori Pengantar, Edisi Ketiga, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Suseno. Siti Astiyah, (2009) Inflasi; Seri Kebanksentralan, Bank Indonesia, Jakarta. PPSK. Wahab. Abdul, (2002). Pengantar Ekonomi Makro, Makasar. Alauddin University Press. Yusup, D. K., & Ghani. Dudung Abdul, (2014). Mekanisme Pasar Menurut Ibn Khaldun dan
Aplikasinya di Pasar Modal Syariah, Jurnal Ilmu Ekonomi Islam Iqtisadiya, Vol. 1 No. 1,
Edisi Januari-Juni 2014.
Zafitra Dewi (2021). Liquidity And Profitability And Their Effect On Use Of Working Capital. Jurnal BJRM Vol 4 No.2

Downloads

Published

2022-10-24