Pengaruh Pengumuman Dividen Terhadap Perubahan Harga Saham Sebelum Dan Sesudah Ex – Dividend Date Pada Perusahaan Yang Tergabung Dalam Indeks Lq45

Authors

  • Dewi Sartika Sari Universitas Dayanu Ikhsanuddin (Unidayan) Baubau
  • Rosnani Said Universitas Dayanu Ikhsanuddin (Unidayan) Baubau
  • Rasit Rasit Universitas Dayanu Ikhsanuddin (Unidayan) Baubau

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pengumuman dividen terhadap perubahan harga saham yang sebelum  dan  sesudah  ex-dividend  date pada saham LQ45. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa harga saham LQ45 mengalami Penurunan sesudah ex-dividend date, dilihat dari adanya perubahan harga saham tiap saham emiten sampel secara keseluruhan ditemukan adanya perbedaan perubahan harga saham yang signifikan sebelum dan sesudah ex-devidend date secara statistik yang dapat dilihat dari data mean bernilai positif, disebabkan oleh pengumuman dividen pada sampel penelitian tiap perusahaan, dan dari hasil uji portofolio saham sampel yang menunjukkan adanya perubahan harga saham keseluruhan pada saham LQ45 di tahun 2016 sampai 2020 secara statistic tercermin dalam besarnya nilai dividen yang dibagikan.

References

Eugene F. Brigham & Joel F.Houston. 2001. Manajemen Keuangan. Terjemahan Suharto D. Buku 2, Edisi 8. Jakarta: Salemba Empat.
Imam Ghozali. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas
Diponegoro.
Irham Fahmi. 2012. Pengantar Manajemen Keuangan. Bandung. Alfabeta.
Jogiyanto Hartono. 2015. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Edisi Sembilan. BPFE, Yokyakarta.
John R. Graham and Scott B Smart, 2012. Introduction to Corporate Finance Third Edition, Sount Western Cengage Learning, USA.
Lani Siaputradan Adwin Surja Atmadja, 2006, Pengaruh Pengumuman Dividen Terhadap Perubahan Harga Saham Sebelum dan Sesudah Ex-Dividend Date di Bursa Efek Jakarta (BEJ), Jurnal Akutansi Dan Keuangan, Vol 8.
Lawrance J Gitman. 2000. Principles of Managerial Finance. 9th Edition. USA: Addison wesley Publishing Company
L.M.Samryn. 2011. Pengantar Akuntansi. Penerbit Erlangga. Jakarta
Maisur dan Nazariah. 2020. Pengaruh Pengumuman Dividen Terhadap Perubahan Harga Saham Sebelum dan Sesudah Ex- Dividend Date di Bursa Efek Jakarta (BEJ). Jurnal Sains Riset. Volume 10, Nomor 1.
Muhammad Syafrie (2020). Dampak Laba Dan Utang Mengenai Kebijakan Dividen Pada Perusahaan Jasa Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Rentang Waktu 2017-2019. Jurnal BJRM Vol 3 No.1
Mulyati S. 2003. Reaksi Harga Saham Terhadap Perubahan Dividen Tunai dan Dividen Yield Di Bursa Efek Jakarta. Jurnal Fakultas Hukum UII. Vol.2 No.8.
Nasution, Y.S.J. 2015. Peranan Pasar Modal Dalam Perekonomian Negara. HUMAN FALAH : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam. Volume 2.
R. Andi Sularso. 2003. Pengaruh Pengumuman Dividen Terhadap Perubahan Harga Saham (Return) Sebelum dan Sesudah Ex- Dividend Date di Bursa Efek Jakarta (BEJ), Jurnal Akuntansi & Keuangan, Volume 5.
Sartono. 2001. Manajemen Keuangan dan Aplikasi. Penerbit Erlangga. Jakarta.
Situmorang dan Lutri M. 2014. Untuk Riset Manajemen dan Bisnis. Medan : USU Press.
Suad Husnan dan Pudjiastuti Enny. 2002. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan : Edisi ketiga. Yogyakarta.
Sudirman, 2015. Pasar Modal Dan Manajemen portofolio. IAIN Sultan Amai. Gorontalo
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta: Bandung.
Tatang Ary Gumanti.2013. Kebijakan Dividen – Teori, Empiris dan Aplikasi. UPP STIM YKPN. Yogyakarta.
Zaki Baridwan. 2004. Intermendiate Accounting, Pengantar Akuntansi. Buku 2.Edisi 21. Salemba Empat. Jakarta.
www.idx.co.id
www.finance.yahoo.com
www.ksei.co.id

Downloads

Published

2022-10-24