Analisis Swot Pemasaran Ikan Teri Asin Pada Kelompok Nelayan Mina Bakti Di Desa Terapung Kecamatan Mawasangka Induk

Authors

  • Iip Irawan Hisanuddin Universitas Dayanu Ikhsanuddin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran yang digunakan oleh Kelompok Nelayan Mina Bakti. Metode penentuan sampel yang dilakukan adalah metode observasi. Penelitian ini selain dianalisis menggunakan deskriptif kualitatif juga menggunakan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat). Analisis SWOT adalah analisis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan dan kelemahan di lingkungan internal maupun peluang dan ancaman yang dimiliki lingkungan eksternal perusahaan. Dari hasil analisis didapatkan kesimpulan bahwa ikan teri asin kelompok nelayan Mina Bakti berada pada posisi yang menguntungkan karena memiliki skor kekuatan yang lebih besar dari pada skor kelemahan, memiliki skor peluang lebih besar dari pada skor ancaman dan berada pada posisi pertumbuhan (growth) kuadran 1. Dengan penerapan strategi yang tepat diharapkan ikan teri asin kelompok nelayan Mina Bakti dapat terus tumbuh dan berkembang sebagai sumber kehidupan masyarakat dan asset potensial daerah.

References

Freddy Rangkuti. 2017. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Galavan, Robert. 2012. “Doing Business Strategy.” IMI handbook ofmanagement Cork, Ireland: Oak Tree Press: 365–92.
Grönholm, Taru. 2012. “Marketing Concepts In Practise.” Lahti University Of Applied Sciences.
Kotler, Philip dan Armstrong. (2008). Prinsip-Prinsip pemasaran. Jilid 1, Edisi 12. Jakarta: Erlangga
Pertiwi, Mega Putri, La Onu, La Ola, and Dan Rosmawati. 2018. J. Sosial Ekonomi Perikanan FPIK UHO Strategi Pemasaran Ikan Asin (Studi Kasus Pada Kelompok Usaha Bajo Indah Kelurahan Lapulu Kecamatan Abeli Kota Kendari). http://ojs.uho.ac.id/index.php/JSEP.
Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. 2012. Pemasaran strategik. Edisi Kedua. Yogyakarta : Andi
Wheelen, Thomas L, and J.David Hunger. 2012. Strategic Management And Business Policy Toward Global Sustainability. Thirteenth. New Jersey: Pearson.

Downloads

Published

2023-03-10