TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) TERHADAP MINAT KONSUMEN SISTEM PEMBAYARAN GOPAY PADA LAYANAN GOJEK

Main Article Content

Fitriani Latief Yuswari Nur

Abstract

Hadirnya Gojek sebagai master leader e-Business dalam sistem transportasi
memberikan kemudahan kepada konsumen di Indonesia.Gojek terus memperbaiki
kesulitan-kesulitan yang telah dialamai para konsumen dalam penggunaan aplikasi,
sehingga konsumen merasa nyaman dalam menggunakan aplikasi tersebut. Salah satu
inovasi yang dikeluarkan Gojek yang dikenal oleh konsumen yaitu sistem pembayaran
Gopay sebagai solusi ketika konsumen tidak membawa uang tunai dan malas untuk
bertransaksi dengan uang tunai. Technology Acceptance Model (TAM) terkait dengan
minat konsumen menggunakan sistem pembayaran gopay dalam penelitian ini
menjelaskan persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, kepuasan pelanggan dan sikap
konsumen.
Metode penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan data primer, data primer
ini diperoleh dengan melalui penyebaran kuesioner kepada responden konsumen sistem
pembayaran gopay pada aplikasi gojek minimal yang telah lima kali meggunakan sistem
pembayaran gopay pada aplikasi gojek sebanyak 96 konsumen gojek dengan teknik
insidental sampling selama penelitian ini dilakukan. Alat analisis yang digunakan adalah
analisis regresi berganda. Hasil penelitian menemukan bahwa persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, kepuasan
pelanggan dan sikap konsumen berpengaruh signifikan terhadap minat konsumen sistem
pembayaran gopay pada layanan gojek di Makassar.

Article Details

Section
Articles