PENGARUH PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PENGGUNA JASA TRAVEL

Authors

  • deli deli rahmawati Makassar

DOI:

https://doi.org/10.37888/bjrm.v3i2.239

Keywords:

Kepuasan Konsumen; Persepsi Harga.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi harga terhadap kepuasan konsumen. Penelitian ini dilakukan terhadap pelanggan JIA Pammanu yang ada di Kabupaten Luwu. Teknik sampling yang digunakan adalah incidental sampling. Penelitian ini menggunakan data primer yang dikumpulkan melalui teknik angket. Data dianalisis menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menemukan bahwa harga sesuai dengan apa yang di inginkan konsumen, harga tiket yang di berikan lebih murah dengan pesaingnya, nilai koefisien positif pada variabel persepsi harga memberikan arti bahwa harga yang di berikan oleh JIA Travel Pammanu memberikan pengaruh positif terhadap kepuasan konsumen. Hasil tersebut memberikan gambaran bahwa harga yang diberikan JIA Travel Pammanu sudah sesuai dengan harapan konsumen sebagai pengguna jasa.

References

Cahyani, F.G., Sitohang, S. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmu Riset dan Manajemen, 5(3).
Gulla, R., Oroh, S.G., & Rosing, F. (2015). Analisis Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Manado Grace Inn. Jurnal EMBA, 3(1), 1313-1322.
Handoko, B. (2016). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen di Titipan Kilat JNE Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 17(1).
Harjati, L., & Venesia, Y. (2015). Pengaruh Kualitas Layanan dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Maskapai Penerbangan Tiger Air Mandala. E-Journal Widya Ekonomika, 1(1).
Kotler & Keller. (2012) Manajemen Pemasaran, Edisi 12. Jakarta: Erlangga.
Maskuri, M.A. (2017). Pengaruh Persepsi Harga dan Kualitas Bahan Terhadap Kepuasan Konsumen Muara Krispi di Jakarta. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 19(3).
Montung, P., Sepang, J., & Adare, D. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan di Restoran Kawan Baru, 15(5).
Rusmawati., & Marlindawaty. (2018). Analisis Kualitas Pelayanan, Harga, dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Laundry BJR Batakan Balikpapan. Jurnal Eksekutif, 15(1).
Setyo, P.E. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 1(6). 755-764.
Sukirno, S. (2015). Mikroekonomi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sulistiyana, R.T., Hamid, D., & Azizah, D.F. (2015). Pengaruh Fasilitas Wisata dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Museum Satwa). Jurnal Administrasi Bisnis, 25(1).
Wariki, G.M., Mananeke, L., & Tawas, H. (2015). Pengaruh Bauran Promosi, Persepsi Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen Pada Perumahan Tamansari Metropolitan Manado. Jurnal Emba, 3(2), 1073-1085.

Downloads

Published

2020-12-07

How to Cite

rahmawati, deli deli. (2020). PENGARUH PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PENGGUNA JASA TRAVEL. BJRM (Bongaya Journal of Research in Management), 3(2), 21–27. https://doi.org/10.37888/bjrm.v3i2.239