PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN PADA PT. COMINDO MITRA SULAWESI TELKOMSEL AUTORHIZED PARTNER

  • dikhi hasdin prawinata Makassar
Keywords: Brand Image; Kepuasan Pelanggan; Kualitas Produk; Loyalitas Pelanggan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan brand image terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif, dengan jumlah sampel 30 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah penyebaran kuisioner, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Struktural Equation Model (SEM). Hasil dari penelitian menunjukan bahwa: Pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan memiliki pengaruh postif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Pengaruh brand image terhadap kepuasan pelanggan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Pengaruh tidak langsung kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan secara tidak langsung memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Pengaruh tidak langsung brand image terhadap loyalitas pelanggan secara tidak langsung memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan.

References

Afnina, & Hastuti, Y. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Samudra Ekonomi dan Bisnis, 9(1).
Agustin, C.I. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan Koran Jawa Pos Radar Kediri. Simki Economic, 2(3).
Damayanti, C., & Wahyono. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Brand Image Terhadap Loyalitas Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening. Management Analysis Journal, 4(3).
Dennisa, E.A., & Santoso, S.B. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening, Studi Pada Klinik Kecantikan Cosmedic Semarang. Diponegoro Journal of Management, 5(3), 1-13.
Fajarianto, B., Lubis, N., & Saryadi. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan brand image Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan: Studi Kasus Pada CV. Ahass Sahabat Sejati Motor Tembalang Semarang. Dipenogor Journal of Social And Politic: 1-12.
Gaol, A.L., Hidayat, K., & Sunarti. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan . Jurnal Administrasi Bisnis, 38(1).
Harianto, D., & Subagio, H. (2013). Analisa Pengaruh Kualitas Layanan, Brand Image, dan Atmsofer Terhadap Loyalitas Konsumen dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Konsumen Kedai Deja-Vu Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 1(1), 1-8.
Kotler & Keller (2012). Manajemen Pemasaran, Edisi 12. Jakarta: Erlangga.
Kurniawati, D., Suharyono, & Kusumawati, A. (2014). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan, Studi Pada Pelanggan KFC Cabang Kawi Malang. Jurnal Administrasi Bisnis, 14(2).
Ramadhan, A.G., & Santosa, S.B. (2017). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Ulang Pada Sepatu Nike Running di Semarang Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening. Diponegoro Journal Of Management, 6(1), 1-12.
Rangkuty, F. (2002). Riset Pemasaran. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
M Tafsir, AI Nadita (2018).Tanggung Jawab Sosial Dan Citra Merek : Sebuah Model Peningkatan Nilai Perusahaan. Jurnal Mirai Management
Utomo. (2006). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Konsumen Pada Operator Telpon Seluler. Thesis: Universitas Gadjah Mada.
Widodo, R.C., & Rachma, N. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Brand image Terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening. E-jurnal Riset Manajemen.
Published
2020-12-07
How to Cite
prawinata, dikhi. (2020, December 7). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN PADA PT. COMINDO MITRA SULAWESI TELKOMSEL AUTORHIZED PARTNER. Bongaya Journal for Research in Management (BJRM), 3(2), 14-20. https://doi.org/https://doi.org/10.37888/bjrm.v3i2.240