PENGARUH PERSEPSI DAN PENGETAHUAN KONSUMEN TERHADAP ECOLABELLING PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN GREEN PRODUCT

  • Ermin Lestiani Manajamen
Keywords: konsumen, pengetahuan, keputusan pembelian konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi dan pengetahuan konsumen terhadap ecolabelling serta pengaruhnya terhadap keputusan pembelian produk greend (tissue tessa) di Kota Solo. Variabel dalam penelitian ini adalah persepsi konsumen (X 1), pengetahuan (X 2), dan keputusan pembelian konsumen (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen jaringan tessa di Kota Solo. Kemudian sampel dalam penelitian ini berjumlah 105 orang atau dengan teknik purposive sampling dengan responden. Pengumpulan dilakukan dengan memberikan daftar pernyataan yang diberikan kepada 105 responden yang membeli tisu tessa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, dimana tujuan utamanya adalah untuk mendeskripsikan adanya pengaruh green product terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda untuk menganalisis bagaimana pengaruh green product (tissue tessa) terhadap keputusan pembelian produk tissue tessa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel persepsi konsumen (X 1), dan pengetahuan (x 2) konsumen berpengaruh positif dan signifikan baik secara simultan maupun parsial terhadap keputusan pembelian (Y) pada tessa jaringan.

References

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Asmani, J. M. (2012). Panduan Efektif Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jogjakarta: Diva Press
BNNP Sulawesi Selatan. (2012) (on line, diakses 28 April 2013)
Albert, C., & Garcı´a-Serrano, C. (2010). Cleaning the slate? School choice and educational outcomes in Spain. High Educ, 559–582. http://doi.org/10.1007/s10734-010-9315-9
Dewi, Ni Kadek Novalia Citra dan Made Subudi. (2015). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Terhadap Kepuasan Kerja dan Turnover Intention Pada CV. Gita Karya Persada Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol.4, No.12, 2015:4219-4244
Hair, Jr et.al. (2010). Multivariate Data Analysis (7th ed). United States : Pearson
Kotler, Philip dan Keller, 2007, Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi Kedua belas, PT. Indeks, Jakarta
Peter, J. Paul & Jerry C. Olson. (2009). Consumer Behavior, Perilaku konsumen dan Strategi Pemasaran.Jilid kedua, Edisi Keempat. Terjemahan Damos Sihombing dan Peter Remy Yossi Pasla. Jakarta: Erlangga.
Ruwani, A., R, & Simanjuntak, (2014). Nilai dan tipe konsumen rumah tangga dan kaitannya dengan perilaku pembelian produk makanan kemasan. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen
.Santoso, I., & Fitriani, R. (2016). Green packaging, green product, green advertising, persepsi, dan minat beli konsumen. Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen, 9(2), 147-158.
Wampold, B. E., & Kivlighan, D. M. (2008). Research Design in Counseling, Third Edition. Belmont: Thomson Higher Education.
Published
2020-12-07
How to Cite
Lestiani, E. (2020, December 7). PENGARUH PERSEPSI DAN PENGETAHUAN KONSUMEN TERHADAP ECOLABELLING PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN GREEN PRODUCT. Bongaya Journal for Research in Management (BJRM), 3(2), 07-13. https://doi.org/https://doi.org/10.37888/bjrm.v3i2.243