PENGARUH KOMPETENSI KERJASAMA TIM DAN KEPEMIMPINAN MELALUI KOMITMEN ORGANISASIONAL TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN PADA BUMN DI KOTA MAKASSAR

Authors

  • Hasbiyadi Hasbiyadi Manajemen, STIEM Bongaya

DOI:

https://doi.org/10.37888/bjrm.v1i1.35

Keywords:

Kompetensi kerjasama tim, kompetensi kepemimpinan, komitmen organisasional, kinerja perusahaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh (i) kompetensi kerjasama tim terhadap kinerja perusahaan; (ii) kepemimpinan terhadap kinerja perusahaan; (iii) kompetensi kerjasama tim melalui komitmen organisasional terhadap kinerja perusahaan; (iv) kompetensi kepemimpinan melalui komitmen organisasional terhadap kinerja perusahaan; dan (v) komitmen organisasional terhadap kinerja perusahaan.

Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian eksplanasi (explanatory research). Penelitian ini bersifat eksplanatif (eksplanatory research), yakni berusaha menjelaskan hubungan kausalitas (causality relationship) antara variabel kompetensi kerjasama tim, kompetensi kepemimpinan, komitmen organisasi dan kinerja perusahaan. Lokasi penelitian di laksanakan pada PT.Perusahaan Listrik Negara (Persero), PT. Pertamina (Persero), PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. (Persero), dan PT. Pelindo IV (Persero). Populasi dalam penelitian ini adalah para karyawan tetap BUMN yang ada di Kota Makassar.Sampel dalam penelitian ini sebanyak 250 karyawan, pengambilan sampel menggunakan metode Convenience.Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Structural Equation Modeling (SEM).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi kerjasama tim berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja perusahaan baik secara langsung maupun melalui komitmen organisasional. Kompetensi kepemimpinan berpengaruh positif signifikan terhadap komitmen organisasional, tetapi tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja perusahaan.

Downloads

Published

2018-04-18

How to Cite

Hasbiyadi, H. (2018). PENGARUH KOMPETENSI KERJASAMA TIM DAN KEPEMIMPINAN MELALUI KOMITMEN ORGANISASIONAL TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN PADA BUMN DI KOTA MAKASSAR. BJRM (Bongaya Journal of Research in Management), 1(1), 01–13. https://doi.org/10.37888/bjrm.v1i1.35