ANALISIS PENGARUH KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN MOTIVASI KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada Akademi Manajemen Administrasi Yogyakarta)

Kata Kunci : Kepemimpinan, Motivasi Kerja, dan Kinerja Karyawan

  • Bahri Bahri Universitas Widya Mataram
Keywords: Kepemimpinan, Motivasi Kerja, dan Kinerja Karyawan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan terhadap kinerja karyawan Akademi Manajemen Administrasi Yogyakarta (AMA Yogyakarta) dengan motivasi kerja sebagai variabel intervening. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah karyawan pada organisasi tersebut sebanyak 48 orang. Metode pengambilan menggunakan purposive sampling. Alat analisis data yang digunakan dalam pengujian hipotesis adalah uji validitas dan reliabilitas, analisis regresi linear sederhana, uji t dan uji intervening.  Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa berdasarkan uji t dan hasil analisis regresi linier sederhana dapat diketahui bahwa kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi kerja dan kinerja karyawan. Motivasi kerja juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Berdasarkan hasil analisis regresi linier sederhana dapat dilakukan uji mediasi (intervening,) sehingga diketahui bahwa varibel motivasi kerja tidak mampu menjadi variabel intervening karena nilai perhitungan secara tidak langsung kepemimpinan terhadap kinerja karyawan melalui motivasi kerja lebih kecil dibanding pengaruh secara langsung kepemimpinan terhadap kinerja karyawan.

    Kata Kunci : Kepemimpinan, Motivasi Kerja, dan Kinerja Karyawan

 

Published
2020-11-07
How to Cite
Bahri, B. (2020, November 7). ANALISIS PENGARUH KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN MOTIVASI KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada Akademi Manajemen Administrasi Yogyakarta). Bongaya Journal for Research in Management (BJRM), 3(1), 49-59. https://doi.org/https://doi.org/10.37888/bjrm.v3i1.56