PENGARUH PENETAPAN HARGA DAN PROMOSI TRAVEL ONLINE TERHADAP PENJUALAN PAKET WISATA PADA TX CENTRAL TOUR & TRAVEL MAKASSAR

Main Article Content

Orfiyanni S Themba Isnaeny Ramadhan Rika Isnaini M Faiza Muh. Syawal Oli'l

Abstract

Orfyanni S. Themba, Isnaeny Ramadhan, Rika Isnaini, M. Faisa, Muh. Syawal Oli.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh penetapan harga dan
promosi travel online terhadap penjualan paket wisata pada Tx Central Tour & Travel
Makassar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh instrumen konsumen yang membeli
paket wisata pada Tx Central Tour & Travel Makassar sebanyak 300 orang (Data Januari –
April 2016). Simple Random Sampling dengan rumus slovin. Metode pengumpulan data
observasi dan kesioner, selanjutnya data dianalisis menggunakan metode regresi linear
berganda dengan menggunakan Software SPSS 21. Pengaruh variabel penetapan harga (X1)
terhadap penjualan (Y), berdasarkan hasil tabel 4.17 diperoleh thitung untuk variabel penetapan
harga sebesar 2,085 dengan nilai signifikan sebesar 0,041 pada ∞ = 0,05 sehingga nilai
signifikan yang diperoleh sebesar 0,041 lebih kecil dari 0,05. Dan nilai ttabel dengan ∞ = 0,025
dengan derajat bebasnya 75-1-1= 73 untuk pengujian dua pihak adalah 1,99300.
Oleh karena ini, thitung untuk koefisien variabel penetapan harga sebesar 2.085 lebih
besar dari ttabel 1,99300, maka pada tingkat kekeliruan 5% Ho ditolak Ha diterima. Dengan
demikian, pada tingkat kepercayaan 95% dapat dikatakan bahwa penetapan harga (X1)
berpengaruh positif dan signifikan terhadap penjualan (Y).

Article Details

Section
Articles