Peran dan Penataan Konflik dalam Organisasi

Penulis

  • Patta Rapanna

Kata Kunci:

Peran Konflik, Penataan Konflik, Manajemen Organisasi

Abstrak

Semakin besar ukuran suatu organisasi semakin cenderung menjadi kompleks keadaannya. Kompleksitas ini menyangkut berbagai hal seperti kompleksitas alur informasi, kompleksitas komunikasi, kompleksitas pembuat keputusan, kompleksitas pendelegasian wewenang dan sebagainya.

Kompleksitas lain adalah sehubungan dengan sumber daya manusia. Seperti kita ketahu­i bahwa sehubungan dengan sumber daya manusia ini dapat diidentifikasi pula berbagai kompleksitas seperti kompleksitas jabatan, kompleksitas tugas, kompleksitas kedudukan dan status, kompleksitas hak dan wewenang dan lain-lain. Kompleksitas ini dapat merupakan sumber potensial untuk timbulnya konflik dalam organisasi, terutama konflik yang berasal dari sumber daya manusia, dimana dengan berbagai latar belakang yang berbeda tentu mempunyai tujuan yang berbeda pula dalam tujuan dan motivasi mereka dalam bekerja

Diterbitkan

2017-11-26

Cara Mengutip

Rapanna, P. (2017). Peran dan Penataan Konflik dalam Organisasi. Jurnal Ilmiah Bongaya, 1(1), 191–205. Diambil dari https://ojs.stiem-bongaya.ac.id/JIB/article/view/15