ANALISIS PENGARUH HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN RUMAH PADA PT. BARUGA ASRINUSA DEVELOPMENT
Kata Kunci:
Harga, promosi, Keputusan pembelianAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Harga dan Promosi berpengaruh
Terhadap Keputusan pembelian rumah pada Pada Perumahan Java Regency Makassar.
Pengumpulan data menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner dengan
menggunakan teknik accidental sampling. Populasinya adalah user rumah di perumahan java
regency Makassar yang pada tahun 2018 sebanyak 134 user, sedangkan sampel yang
diambil berjumlah 58 responden. Hasil kuesioner tersebut telah diuji validitas dan
reliabilitasnya, juga telah diuji asumsi klasik berupa asumsi normalitas, asumsi
multikoleniaritas dan asumsi heterokedastisitasnya. Metode analisis data menggunakan
teknik analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan pada variabel harga
ditolak karena menunjukkan hasil uji hipotesis yang negatif dan tidak signifikan. Sedangkan
hipotesis pada variabel promosi dapat di terima karena menunjukan hasil hipotesis yang
positif signifikan. Ini berarti bahwa harga berpengaruh negatif dan tidak signifikan dan promosi
berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.