PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN GRAB-BIKE

Studi Kasus Pada Mahasiswa Stiem Bongaya Makassar

Penulis

  • Bustam Bustam STIEM Bongaya
  • Nur Syamsu STIEM Bongaya
  • Nurfajriani Nurfajriani STIEM Bongaya
  • Izmalinda Izmalinda STIEM Bongaya
  • Tri Retno STIEM Bongaya

Kata Kunci:

Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan

Abstrak

Penelitian Ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap
keluasan pelanggan Grab-Bike (Studi Kasus Pada Mahasiswa STIEM Bongaya Makassar).
Pengumpulan data kuantitatif deskriptif yang menjabarkan data yang diperoleh dengan
menggunakan analisis untuk melihat pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan
pelanggan Grab-bike (studi pada Masiswa Stiem Bongaya Makassar). Populasi dalam
penelitian ini adalah mahasiswa konsumen Grab di Stiem Bongaya Makassar angkatan 2014
jurusan Manajeman dan Akuntansi yang berjumlah 1.251 orang. Sedangkan sampel yang di
ambil melalui teknik pendistribusian kuesioner adalah Accidental Sampling (Sampling
Kebetulan) yaitu metode pengambilan sampel dengan memilih siapa yang kebetulan
ada/dijumpai. Hasil kuesioner tersebut telah di uji menggunakan metode uji validitas,
reliabilitas dan uji asumsi klasik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Berdasarkan hasil
uji t Variabel kualitas pelayanan memiliki arah positif dan nilai t hitung. Hal ini menunjukkan
bahwa nilai signifikasi lebih kecil dari taraf signifikasi dan nilai t hitung lebih besar dari nilai t
tabel, maka hipotesis diterima. Artinya Kualitas pelayanan berpengaruh positif signifikan
terhadap kepuasan pelanggan Grab-Bike

Diterbitkan

2017-04-10

Cara Mengutip

Bustam, B., Syamsu, N., Nurfajriani, N., Izmalinda, I., & Retno, T. (2017). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN GRAB-BIKE: Studi Kasus Pada Mahasiswa Stiem Bongaya Makassar. Jurnal Ilmiah Bongaya, 2(1), 9–16. Diambil dari https://ojs.stiem-bongaya.ac.id/JIB/article/view/167