PENGARUH KUALITAS PELAYANAN AKADEMIK DAN NON AKADEMIK TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA PROGRAM STUDI MANAJEMEN STIEM BONGAYA
Kata Kunci:
Kualitas Pelayanan, Akademik, Kepuasan MahasiswaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan akademik dan
non akademik terhadap kepuasan mahasiswa program studi manajemen STIEM Bongaya.
Dengan jumlah sampel yang digunakan mulai dari angkatan 2014 – 2017 berjumlah sebanyak
3.579 orang. Data tersebut didapat langsung melalui observasi dibagian pusat pangkalan data
stiem bongaya. Pendekatan penelitian dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif
melalui explanatory survey.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan akademik berpengaruh
positif dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswa. Kualitas pelayanan non akademik
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswa. Kualitas pelayanan
akademik dan non akademik berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan
mahasiswa.